Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBantenNikita Willy Tanya Hukum Nafkahi Ortu Usai Menikah, Ini Jawaban Habib Muhammad...

Nikita Willy Tanya Hukum Nafkahi Ortu Usai Menikah, Ini Jawaban Habib Muhammad Syahab

Jakarta – Terkadang, menafkahi orang tua usai menikah menjadi perdebatan dan pertanyaan bagi pasangan suami istri. Beberapa waktu lalu, Nikita Willy dan suaminya, Indra Priawan bertanya hal tersebut kepada Habib Muhammad Syahab.

Kala itu, keduanya mengundang Habib Muhammad Syahab ke rumahnya untuk berbuka puasa bersama. Dalam kesempatan tersebut, sang habib memberikan kajian untuk Nikita dan Indra yang belum lama menjadi pasangan baru menikah.

Di sela-sela kajian, Indra bertanya perihal nafkahi orang tua bagi pasangan yang sudah menikah.

“Kalau anak sudah menikah, aturan menafkahi orang tua itu gimana ya?” tanya Indra Priawan.

Habib Muhammad Syahab pun menjawab bahwa anak laki-laki dan perempuan memiliki hukum yang berbeda. “Sebagai suami atau sebagai istri, ada beda hukum,” ujar Habib di video yang diunggah kanal YouTube Nikita Willy pada 2021 lalu.

“Oke.. buat yang sudah menikah, kan orang tua ini tidak dipisahkan daripada anak. Cuma dalam hukum, kalau seorang laki-laki dia masih punya ibunya walaupun dia punya istri. Tetap, kalau ibunya atau ayahnya berkurangan dan dia berkecukupan maka seorang anak wajib dia menafkahi orang tuanya,” jawab Habib.

Habib Muhammad Syahab menekankan sekali lagi, anak laki-laki yang berkecukupan dan sudah menikah, apabila orang tuanya butuh nafkah, maka ia wajib menafkahi orang tuanya.

“Kalau perempuan bagaimana? Dia kerja atau tidak? Seandai kata dia kerja, ini perempuan kerja, kemudian dia punya orang tua yang wajib dia nafkahkan, wajib dia membantu orang tuanya kalau selama dia kerja,” ungkap Habib Muhammad Syahab.

Bagaimana kalau tidak bekerja? Kalau perempuan tidak bekerja, maka tidak wajib menafkahi orang tuanya. Akan tetapi, alangkah baiknya tetap membantu menafkahi orang tua. Dalam konteks ini, menantu perempuan yang membantu mertuanya, Bunda.

“Oke.. masya Allah,” balas Indra Priawan.

Apabila dilihat dari vlog dan unggahan media sosialnya, Nikita Willy dan Indra Priawan memang kerap memuliakan orang tua. Salah satunya, yang terbaru, mereka mengajak ibunda mereka untuk pergi ke Amerika Serikat untuk liburan.

Sumber: haibunda

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments