Polda Banten Bakal Terapkan Tilang Elektronik Perdana di Kota Serang pada April 2021

  • Bagikan
Polda Banten Bakal Terapkan Tilang Elektronik Perdana di Kota Serang pada April 2021

Serang – Polda Banten akan menerapkan tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik pada bulan April 2021 mendatang secara bertahap.

Penerapan ETLE tersebut merupakan salah satu program Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Direktur Lalu Lintas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo mengatakan, sesuai jadwal penerapan penegakan hukum pelanggaran lalu lintas secara ETLE di wilayah hukum Polda Banten akan dimulai pada bulan April 2021.

Kota Serang yang pertama

Tahap pertama, ETLE akan diterapkan diwilayah hukum Polres Serang Kota dan akan secara bertahap diperluas ke wilayah lainnya.

“Saat ini masih tahapan persiapan sarana prasarana dulu dengan vendor. Kita rencanakan bulan april sudah diberlakukan dibeberapa titik dulu di Kota Serang,” kata Rudy, dilansir Kompas.com. Senin (1/2/2021).

Selain persiapan sarana dan prasarana, Polda Banten juga sedang berkordinasi dengan pihak kejaksaan dan pengadilan untuk mensukseskan program ETLE tersebut.

Andalkan CCTV

Dijelaskan Rudy, sistem ETLE sangat mengandalkan kamera pemantau atau CCTV yang dipasang di sejumlah titik. Nantinya, tidak ada lagi petugas dilapangan yang menilang pengedara yang melanggar.

“ETLE ini mengandalkan CCTV untuk memantau. Nantinya, pelanggar akan dikirimkan surat tilang ke alamatnya dan diberikan sanksi sesuai dengan pelanggarannya,” ujar Rudy.

Diketahui, pada bulan Maret 2021 tahap pertama akan menerapkan ETLE di lima Polda dan beberapa Polres jajaran. Di antaranya ialah Polda Metro Jaya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, dan DIY.

“Harapan kita, secara bertahap dalam program 100 hari ini bisa capai target yaitu 19 Polda. Kemudian kita terus canangkan hingga di 34 kota provinsi terpasang,” kata Kakorlantas Irjen Istiono. (KC)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *