Smartphone Gaming Murah Realme 7i, Terbaik dengan Kualitas Mumpuni

  • Bagikan
Smartphone Gaming Murah Realme 7i, Terbaik dengan Kualitas Mumpuni
Istimewa

KT – Bagi seorang gamer, memilih smartphone gaming yang tepat tentunya sangatlah penting. Tentunya, semakin unggul spesifikasinya, akan semakin mahal pula harganya. Harga smartphone gaming yang mencapai belasan juta tentunya membuat para gamer pemula merasa terintimidasi. Namun, Realme benar-benar memahami besarnya minat anak-anak muda terhadap dunia gaming.

Untuk itulah, smartphone Realme 7i diluncurkan. Smartphone dengan harga 2 jutaan ini memiliki spesifikasi unggul yang dapat menjawab kebutuhan para gamers dengan kondisi budget minim. Smartphone yang diluncurkan pada tanggal 17 September 2020 yang lalu oleh Realme ini mendapatkan sambutan yang cukup meriah dari para gamers pemula.

Berikut adalah ulasan spesifikasi serta kelebihan yang dimiliki Realme 7i.

1. Body dan Display

Realme 7i mengusung bentuk body yang tipis dan ringan. Smartphone ini memiliki bobot seberat 188 gram dengan tebal 8.9 mm. Desain smartphone yang langsing semakin diperindah dengan tampilan layar seluas 6.5 inch yang terlihat luas.

Terlebih lagi, dengan desain layar bezelless dengan notch punchhole yang membuat pandangan Anda saat menggunakan smartphone ini terasa semakin leluasa. Panel layar IPS LCD menghasilkan tampilan display beresolusi 720 x 1600. Layar dari Realme 7i ini juga dibekali dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass. Sehingga, layar smartphone ini menjadi lebih awet dan tidak mudah tergores.

2. Dapur Pacu

Untuk mendukung aktivitas gaming Anda, Realme menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon 662 dengan prosesor Octa-core. Selain itu, smartphone ini juga diperkuat dengan dukungan kartu grafis GPU Adreno 610. Kombinasi antara chipset dengan kinerja prosesor yang cepat dan efisien, serta didukung dengan GPU yang canggih membuat aktivitas gaming menjadi tak terlupakan.

3. Kapasitas Memori

Realme 7i hadir dengan 2 variasi RAM yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Variasi kapasitas RAM yang tersedia untuk seri smartphone ini adalah RAM 4 GB dan 8 GB. Tak hanya itu, Realme 71 juga menyediakan 2 variasi memori internal untuk RAM 4 GB yaitu 64 GB dan 128 GB. Untuk kapasitas 8 GB, hanya tersedia varian memori internal seluas 128 GB saja.

4. Dukungan Kamera

Dari segi spesifikasi kamera, smartphone ini mengusung empat lensa kamera atau Quad-camera yang mumpuni. Kamera utama beresolusi 64 MP dengan bantuan lensa Ultrawide (8 MP), lensa makro (2 MP), dan lensa depth (2 MP).

Tak hanya kamera belakang saja, Realme 7i juga mengusung kamera selfie yang beresolusi 16 MP. Baik kamera depan maupun kamera belakang mengusung resolusi HDR.

5. Kapasitas Baterai

Realme 7i dibekali dengan kapasitas baterai jumbo yang berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas baterai yang sangat besar tersebut menjadi spesifikasi yang paling banyak dicari oleh para gamers. Tak hanya itu, smartphone ini juga mengusung fitur Fast Charging atau pengisian daya cepat dengan daya output sebesar 18W.

Kelebihan Realme 7i

Dengan spesifikasi unggul di atas, Realme 7i memiliki sejumlah keunggulan. Berikut adalah poin-poin kelebihan dari seri terbaru Realme ini yang wajib Anda ketahui:

1. Refresh Rate 90 Hz yang Melegakan

Salah satu hal yang menjadi keunggulan dari Realme 7i adalah, kemampuan refresh ratenya yang menakjubkan. Tidak jauh berbeda dari seri kembarannya, yaitu Realme 7, Realme 7i mengusung kemampuan refresh rate sebesar 90 Hz dan sampling rate mencapai 120 Hz. Hal tersebut membuat smartphone ini sangatlah mumpuni dalam menjalankan berbagai macam mobile games. Termasuk, jenis game mobile dengan kualitas grafis yang tinggi sekalipun.

Kemampuan laju penyegaran yang sangat cepat ini menjadi kejutan manis dari Realme 7i. Terlebih lagi, perlu diingat bahwa harga smartphone ini tergolong sangat terjangkau. Dengan kualitas refresh rate sekelas smartphone flagship membuat Realme 7i unggul di kelasnya.

2. Kapasitas Baterai Jumbo untuk Aktivitas Gaming Tanpa Batas

Kelebihan lainnya yang dimiliki Realme 7i adalah kapasitas baterainya yang sangat melegakan. Smartphone mid-range ini mengusung kapasitas baterai sebesar 5000 GB. Dengan adanya dukungan baterai jumbo tersebut memastikan Anda dapat melakukan aktivitas gaming dengan lebih leluasa.

Anda tidak perlu khawatir permainan terputus akibat baterai yang mendadak drop. Selain itu, baterai ini juga cukup awet berkat kinerja chipset yang mampu memproses data tanpa mengkonsumsi terlalu banyak daya.
Salah satu fitur unggulan Realme 7i adalah Super Power Saver. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk tetap mengakses 5 aplikasi walaupun sisa baterai hanya sekitar 5%.

Bahkan, Anda masih bisa menggunakan aplikasi chat Whatsapp dalam kondisi baterai minimum tersebut. Realme 7i tercatat mampu bertahan hingga 34 hari dalam kondisi standby. Bahkan, saat Anda menggunakannya untuk bermain game pun, baterai smartphone ini mampu bertahan hingga kurang lebih 13 jam. Pengisian daya baterai juga terasa lebih cepat. Hal tersebut berkat dukungan fitur Fast Charging berdaya output 18W.

3. Desain Body Smartphone yang Stylish dan Memukau

Dari segi desain pun, Realme 7i menawarkan penampilan yang mewah. Teman-teman Anda tentunya tidak akan menyangka bahwa smartphone yang Anda miliki ini memiliki harga di bawah 4 juta.

Realme 71 hadir dengan desain casing berwarna gradient yang lembut dan pastinya berkesan mewah. Tepat pada bagian bawah modul kamera terdapat sensor sidik jari yang merupakan salah satu fitur pengaman pada perangkat ini. Realme 7i ini hadir dengan 2 variasi warna yang sangat menyejukkan, yaitu warna Polar Blue dan Aurora Green.

Tak hanya memanjakan Anda dengan pesona visualnya, Realme 7i juga dibekali dengan desain body yang ergonomis. Smartphone ini memiliki berat yang relatif ringan dengan bentuk body yang tipis.
Hal tersebut memudahkan Anda dalam menggenggam smartphone ini tanpa perlu khawatir tangan menjadi kram. Anda juga dapat menyelipkan perangkat smartphone ini ke dalam saku pakaian dengan nyaman.

4. Performa Quad Camera Hasilkan Foto yang Berkualitas

Selain didesain khusus untuk para gamers, Realme 7i juga akan memanjakan Anda yang menggemari bidang fotografi. Fitur Quad-camera yang diusung sebagai kamera belakang pada smartphone ini akan memberikan kualitas foto panorama yang sangat memukau.

Hasil foto yang Anda dapatkan akan memiliki detail mengagumkan dan ketajaman yang sangat memuaskan. Dalam kondisi malam hari sekalipun, kualitas foto dari kamera belakang smartphone Realme 7i ini akan selalu tajam dan jelas. Tentunya, ini menjadi kabar baik bagi Anda yang menggemari bidang night photography.
Lensa ultrawide yang tertanam pada bagian kamera belakang smartphone ini juga mempermudah Anda untuk mendapatkan jangkauan foto yang lebih luas. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk memperoleh hasil foto keluarga maupun groufie yang memuaskan.

Kamera depan dari Realme 7i ini pun tak kalah memuaskan. Dengan resolusi lensa sebesar 16 MP, Anda akan mendapatkan hasil selfie yang mendetail dan jernih. Pastinya, Anda juga jadi semakin bersemangat untuk berfoto selfie yang kemudian dapat diunggah pada akun media sosial.

Kualitas video dengan menggunakan kamera ini juga sangat memuaskan. Sehingga, smartphone Realme 7i ini juga sangat ideal bagi Anda yang suka merekam video TikTok.

5. Dukungan Memori Internal dan RAM yang Sangat Lapang

Anda suka mengunduh berbagai mobile games seru? Realme 7i menawarkan kapasitas memori internal dan RAM yang melegakan. Variasi memori RAM 4 dan 8 GB memungkinkan Anda untuk menjalankan berbagai game yang beragam. Tak hanya itu, Anda juga dapat memanfaatkan kapasitas memori internal untuk menyimpan aplikasi game maupun file gambar, musik, serta video favorit.

Jika masih kurang puas dengan kapasitas memori 128 GB, Anda bisa menambahkan kapasitas memori dengan memanfaatkan slot memori eksternal. Slot memori eksternal tersebut mampu menampung SDCard dengan kapasitas maksimal mencapai 256 GB. Dengan demikian, Anda dapat menyimpan berbagai game favorit sepuasnya.

Tips Bermain Mobile Games dengan Realme 7i

Sebagai smartphone kelas mid-range, Realme 7i memang menawarkan spesifikasi yang cukup unggul untuk aktivitas gaming. Untuk memaksimalkan pengalaman Anda selama bermain game dengan smartphone ini, baca ulasan tips berikut ini:

1. Aktifkan Mode “Super Power Saver”

Mengenai kapasitas baterai, Anda memang tidak perlu khawatir. Pasalnya, Realme 7i dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang sangat melegakan. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk bermain game sepuasnya selama berjam-jam.

Namun, Anda juga bisa memperpanjang usia baterai agar aktivitas bermain game menjadi semakin lama. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur “Super Power Saver”. Fitur ini memang akan langsung aktif begitu baterai Anda mencapai kondisi tertentu.

Namun, Anda juga bisa menyalakan fitur ini secara manual. Dengan menyalakan fitur ini, maka mesin smartphone tersebut akan mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan. Sehingga, performa gawai ini dalam menjalankan game menjadi semakin maksimal.

2. Mengaktifkan Fitur “Flight Mode”

Cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan pengalaman gaming adalah dengan mengaktifkan “Flight Mode”. Fitur ini akan memblokir panggilan atau pesan yang masuk ke dalam smartphone Anda. Sehingga, aktivitas gaming Anda pun menjadi jauh lebih optimal.

Tak hanya itu, jaringan seluler pun akan turut diblokir untuk menghemat daya baterai. Untuk mengakses koneksi internet, Anda dapat menyalakan fitur “Wifi”. Pastikan konektivitas Wifi di tempat Anda stabil. Sehingga, aktivitas bermain game pun semakin lancar tanpa harus mengakibatkan daya baterai menjadi boros.

3. Matikan Aplikasi Lain yang Tidak Digunakan

Dengan kapasitas RAM mencapai 8 GB memang membuat Realme 7i sangatlah handal untuk menjalankan aktivitas multitasking. Namun, semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, akan semakin cepat pula daya baterai Anda tersedot habis. Oleh karena itu, selama bermain game, selektiflah dalam memilih aplikasi yang aktif.

Jika ada beberapa aplikasi yang dibuka sekaligus namun Anda tidak sedang menggunakannya, maka bisa dimatikan. Hal tersebut dilakukan agar performa RAM menjadi semakin optimal. Anda pun dapat menjalankan aplikasi game dengna lancar tanpa boros baterai.

4. Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah memperhatikan tingkat kecerahan layar. Sebaiknya, hindari mengakses aplikasi game dengan setting kecerahan layar yang menyala maksimal. Hal tersebut tidak hanya dapat merusak mata Anda. Tetapi, hal tersebut juga dapat mengakibatkan baterai smartphone Anda menjadi lebih mudah habis.

Oleh karena itu, pilihlah tingkat kecerahan yang nyaman di mata. Selain itu hindari bermain game di dalam ruangan yang gelap.

Demikianlah ulasan spesifikasi, kelebihan, serta tips bermain game dengan Realme 7i. Smartphone ini memang mengusung banyak keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu smartphone gaming dengan harga terjangkau. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membeli smartphone Realme ini? (IKG)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *